04 – Strategic Planning for IT Service

Sebuah organisasi, baik itu perusahaan, unit bisnis maupun unit fungsional dalam sebuah perusahaan seperti IT, harus memiliki sebuah strategi dalam menjalankan organisasi mereka. Strategi yang dimaksud umumnya dikenal dengan istilah Strategic Plan, apabila Strategic Plan itu dibuat untuk Divisi IT, maka disebut sebagai IT Strategic Plan.

IT Strategic Plan dalam organisasi sudah dikenal sejak lama, ada yang menyebutnya sebagai IT Strategy, IT Master Plan, IT Blueprint, IT Grand Design, IT Roadmap dan lain-lain. Maksud dari semua bentuk rencana diatas intinya sama, yaitu  mengidentifikasikan apa saja yang harus dilakukan oleh IT dalam 3 sampai 5 tahun kedepan untuk dapat membantu merealisasikan visi, misi, goals dan obyektif perusahaan.

Sedangkan IT Service Strategy merupakan bagian dari IT Strategic Plan dan menjadi salah satu komponen dalam Business Strategy perusahaan. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan IT Service Strategy dan mengapa kita perlu IT Service Strategy? berikut penjelasan.

IT Service Strategy

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai pengelola IT dalam sebuah perusahaan, Divisi IT harus mampu untuk mengidentifikasikan dan mendefinisikan peranan mereka dalam organisasi. Sebagaimana kita ketahui, peran Divisi IT dalam sebuah perusahaan cukup banyak, diantaranya sebagai pengelola aplikasi, pengelola jaringan, pengelola data center, pengembang aplikasi dan sistem informasi dll.

Namun dari semua peranan tersebut, kita harus mengetahui apa sebetulnya yang dibutuhkan oleh customer dan user kita. Yang dibutuhkan oleh customer dan user kita adalah LAYANAN. Penjelasan mengenai APA ITU LAYANAN? dibahas dalam artikel sebelumnya

IT as a Service

 

 

 

 

 

 

Dalam memberikan layanan kepada customer dan user, IT juga harus memiliki strategi yang tepat, agar layanan dapat diberikan dengan maksimal, strategi ini dikenal dengan IT Service Strategy.

Dalam ITIL perumusan IT Service Strategy dilakukan dalam proses Strategic Planning for IT Service dan biasanya yang melakukan perumusan ini adalah tim perencanaan yang dipimpin oleh Kepala Divisi IT atau Manajer IT.

Hal-hal apakah yang diidentifikasi dan didefinisikan dalam perumusan IT Service Strategy? berikut ini adalah aspek-aspek yang menjadi bagian dari IT Service Strategy:

 

  • Layanan apa yang harus IT siapkan untuk mendukung obyektif perusahaan, atau dikenal dengan IT Service Portfolio
  • Siapa Customer dan User dari layanan yang diberikan
  • Komponen-komponen (infrastruktur) apa saja yang diperlukan agar layanan bisa berjalan dengan baik
  • Arsitektur dari setiap layanan dan seluruh komponen pendukungnya
  • Standarisasi teknologi dan proses dalam pengelolaan layanan
  • Prioritas dari seluruh inisiatif terkait dengan layanan
  • SDM yang mampu mengelola setiap layanan yang diberikan

Jenis-jenis layanan apa saja  yang akan diberikan atau disediakan Divisi IT utuk customer dan user mereka dalam 3 sampai 5 tahun kedepan, dikelola dalam proses IT Service Portfolio Management. Semua layanan yang baru dalam tahap inisiatif/ide, sampai layanan yang sudah berjalan secara operasional, bahkan layanan-layanan yang sudah tidak dipakai lagi terdapat dalam IT Service Portfolio.

Pengelolaan IT Service Portfolio akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Untuk menjadi yang paling update tentang ITIL, Follow us:

 

 

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di IT Governance, IT Service, ITIL 2011, ITIL Umum, ITIL versi 3, ITSM. Tandai permalink.

Satu Balasan ke 04 – Strategic Planning for IT Service

  1. Ping balik: 03 – Proses dan fungsi dalam ITIL versi 3 2011 | Information Technology Infrastructure Library – Indonesia

Tinggalkan komentar