Tentang Kami

Seiring dengan makin berkembangnya framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) di Indonesia serta makin banyaknya organisasi yang sadar akan pentingya sebuah acuan dalam pengelolaan teknologi informasi, Blog https://itilindo.wordpress.com hadir ditengah menjamurnya blog-blog di dunia maya.

Melalui blog ini kami mencoba membantu organisasi, individu, praktisi, serta konsultan dibidang tata kelola teknologi informasi untuk mengenal lebih jauh konsep ITIL serta implementasinya dilapangan. Selain fokus membahas ITIL, blog ini juga membahas framework dan standar lain yang masih memiliki hubungan dengan ITIL, baik itu melengkapi atau sejenis. https://itilindo.wordpress.com memiliki tiga orang kontributor yang memiliki background dan pengalaman yang cukup kuat dalam  implementasi ITIL.

33 Balasan ke Tentang Kami

  1. titi ari setyati berkata:

    Saat ini saya menempati posisi Servicedesk staff pada sebuah perusahaan IT, dengan background pendidikan saya yang bukan IT, bisakah saya mengikuti perkembangan ITIL atau bahkan bisa juga mengikuti sertifikasi ITIL?

    Dasar2 IT apakah kiranya yg harus saya improve terlebih dahulu?

    Sekian dan terimakasih.

    Best regards,
    -Titi-

    • Dede Mulyana berkata:

      Dear Mbak Titi,

      Salah satu artikel saya dalam blog ini membahas mengenai Service Desk. Sebagai seorang Service Desk anda sebetulnya sudah berada dijalur yang tepat untuk terus mempelajari dan memahami ITIL. Bahkan dalam prakteknya seharusnya seorang Service Desk sudah memahami proses dan fungsi lainnya dalam ITIL, misalnya proses Incident Management, Problem Management, Service Level Management, Service Request Fullfilement, CMDB dll.

      Jangan kecil hati kalau background anda bukan IT, karena ITIL tidak secara spesifik membahas mengenai Network, Database atau pengembangan sistem. ITIL lebih memberikan penekanan pada bagaimana layanan IT dikelola, baik itu dari sisi strategi, taktis maupun operasional. Untuk sertifikasi sendiri tidak ada persyaratan bahwa peserta harus memiliki background IT, sehingga cukup terbuka bagi siapapun untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.

      Mulailah dengan mencari bahan atau sumber bacaan mengenai ITIL, baik itu versi 2 maupun versi 3. Mengambil training ITIL Foundation merupakan langkah awal anda dalam mempelajari ITIL, atau anda bisa juga mempelajarinya sendiri dan aktif bertanya atau diskusi di Blog ini.

      Terima kasih, semoga membantu

      WELCOME TO THE ITIL WORLD

    • Ita berkata:

      Dear P’ Didi,

      Bisa saya minta nomer telepon P’ Dede?
      kami ada rencana untuk mengadakan training ITIL di bulan Januari. saya tunggu repon P’ Dede.

      Ita

  2. Ita berkata:

    Dear P’ Dede,

    Seandainya kami ingin mengadakan training ITIL berikut bimbingan test nya, bisakah kami meminta bantuan P’ Dede dan team untuk datang ke tempat kami? kami tunggu respon P’ Dede

    Terima kasih

    Ita

    • Dede Mulyana berkata:

      Dear Bu Ita,

      Dengan senang hati kami bersedia membantu team Ibu untuk mengenal lebih jauh mengenai ITIL melalui Training dan bimbingan untuk mendapatkan sertifikasi ITIL Foundation versi 3.

      Selanjutnya akan saya kirimkan hari ini syllabus untuk training yang dimaksud.

      Terima kasih

      • Jimmy Chandrawinata berkata:

        Dear P’Dede,

        Saya tertarik untuk mengetahui ttg ITIL lebih jauh. Apakah ada nomor yang dapat saya hubungi ? Terima kasih. Mohon diinfokan ke saya melalui email yah pak. Agak urgent soalnya terkait pengajuan budget perusahaan tahun 2010

        Terima kasih

      • Dede Mulyana berkata:

        Pak Jimmy,

        Terima kasih telah mengunjungi Blog kami.

        Alamat Kontak sudah kami kirim

        Thanks

  3. Ita berkata:

    Dear P’ Dede

    Bisa saya minta nomer contactnya untuk followup lebih lanjut mengenai rencana training kami?

    Ita

  4. Sita berkata:

    Dear Bpk Dede, saya ingin memperoleh informasi mengenai training sertifikasi ITIL, apakah saya bisa mendapatkan no kontak Bapak?

    Terima kasih

  5. Abdul Muhyi berkata:

    Pak, saya bisa dapat info mengenai training sertifikasi ITIL?

  6. Agus M berkata:

    Saya berminat untuk mengikuti Training IT IL Foundation v3.
    MOhon informasi menghubungi contact personnya.

    Terima kasih,

  7. Amri Wachman berkata:

    Yth Pak Dede,

    Kami membutuhkan jasa konsultasi ITIL v3. Mohon menghubungi email address di atas untuk informasi lebih lanjut.

    Terima kasih atas perhatiannya,

    Amri Wachman

    • Dede Mulyana berkata:

      Pak Amri Ysh,

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami, saya akan segera menghubungi Bapak untuk menggali kebutuhan jasa konsultasi ini lebih jauh.

      Have a nice day 🙂

  8. D. Andria berkata:

    dear P Dede,
    saya ingin mendapatkan sertifikat ITIL V3 Practiocioner. Step apa saja yang perlu saya ikuti.

    Terima Kasih
    PS. Pertanyaan senada sudah saya layangkan via email bbrp minggu yl.

    • Dede Mulyana berkata:

      Dear Mas Andria,

      Menurut saya langkah pertama adalah mengambil ITIL Foundation (Tidak perlu training, tapi bisa langsung test di Prometric). Setelah anda mendapat sertifikasi, anda bisa mulai mengambil ITIL v3 Intermediate, diantaranya mengambil yang paket training dan ujian on-line untuk memudahkan, misalnya di Art of Service, atau kalau anda ingin mengambil yang Classroom training, saat ini program reguler baru diselenggarakan yang paling deket di Malaysia dan Singapore, sekali lagi tergantung dari budget anda.

      Semoga membantu

  9. Lia berkata:

    hallo pak,,
    saya adalah seorang mahasiswi jurusan ilmu komputer tk. 3.. saya tertarik untuk mengangkat ITIL sebagai tema TA saya nanti. Tapi saya merasa masih banyak hal ttg ITIL yang harus saya pahami. bisakah saa meminta alamat email bapak? mungkin suatu saat nanti saya membutuhkan bantuan bapak..
    Terima kasih

  10. Ahmad Fauzi berkata:

    waktu kuliah sy pernah dapat materi IT Governance (cobit dan itil) namun sya belum menguasai, skrang sy ingin memperdalam dan menguasai tidak sekedar tau, tapi secarapraktis ingin tahu tahapan-tahapan yang harus dilakukan supaya hasilnya baik, karna kalau setengah bisa tidak maksimal danmengecewakan, selain itu saya ingin dapat sertifikat ITIL, kalau ngikuti di mas dede brpa biayanya, kalau ngundang ke malang brp biayanya, kebetulan saya dari malang

    mohon tanggapannya, trimakasih

  11. Vicky Moh Nur berkata:

    Dear Pak Dede

    Saya sangat berminat untuk mempelajari ITIL, rencananya saya ingin mengikuti training ITIL mulai dari dasar, apakah saya harus mulai dari ITIL V1? apa perbedaan antara ITIL v1, V2 dan V3? karena saya benar2 masih buta tentang ITIL.

    Mohon petunjuk dari bapak. Terimakasih…

    • Dede Mulyana berkata:

      Pak Vicky,

      Terima kasih telah mampir di Blog kami, dan welcome to the ITIL world.

      Untuk perbedaan antara ITIL v1, v2 dan v3 lebih kepada perbaikan dan perubahan konten yang secara praktikal juga berubah seiring dengan perubahan Teknologi Informasi. Dimana release setelahnya merupakan pengganti release sebelumnya. Misalnya ITIL v3 merupakan pengganti v2 dimana semua publikasi, training sampai sertifikasi ITIL v2 ditarik dari peredaran dan pasaran karena sudah digantikan dengan ITIL v3.

      Namun demikian, kita masih bisa mempelajari ITIL sebelumnya, walaupun sudah ada ITIL versi yang paling baru. Oleh karena itu, apabila anda baru akan mulai masuk ke Dunia ITIL, saya sarankan langsung mempelajari ITIL v3, walaupun sebagai pengetahuan anda bisa saja mempelajari ITIL versi sebelumnya.

      Demikian penjelasannya semoga membantu.

      Terima kasih

      • Vicky Moh Nur berkata:

        Dear Pak Dede,
        Terima kasih atas penjelasan’a, Klo boleh tau kpn akan diadakan training ITIL kembali? karena saya mau jadi salah satu peserta training. Ada brosur’a ga pak? Klo ada bisa kirim ke email saya pak.

        Terima kasih

  12. Dede Mulyana berkata:

    Pak Vicky,

    Training mungkin akan kami lakukan di Bulan Maret. Brosurnya akan kami kirimkan Pak ke email Bapak.

    Thanks

  13. arman berkata:

    saya mau tanya biaya untuk training ITIL tu berap ya @orangnya??

    Thank and regards
    arman

    • Dede Mulyana berkata:

      Siang Pak Arman,

      Untuk training ITIL biasanya tergantung tempat penyelenggaraan dan durasi Pak. Terakhir kami menyelenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya selama 3 hari, investasi untuk trainingnya @5 juta. Namun kami juga sering menyelenggarakan training di tempat training kami sendiri yang tentunya harganya lebih murah karena tempat penyelenggaraan milik sendiri. Sehingga range investasi untuk training sekitar 3 – 5 juta rupiah per orang.

      Biaya tersebut belum termasuk exam, biasanya kami menyelenggarakan exam on-line dengan harga dari partner kami the art-of-service US $300 (bisa direct beli).

      Semoga dapat menjawab pertanyaan Bapak.

      Terima kasih

  14. Ridwansyah berkata:

    Mohon informasi nya pak ,,saya ingin mengetahui salah satu orang indonesia yang sudah mempunyai sertifikasi itil
    dan salah satu perusahaan di indonesia yang memperkerjakan orng yang sudah mempunyai sertifikasi ITIL.
    trim’s

    • Dede Mulyana berkata:

      Selamat Pagi Pak Ridwansyah,

      Di Indonesia sendiri sudah banyak yang mendapat sertifikasi ITIL Foundation, sedangkan saya sendiri memiliki sertifikasi ITIL v2 Service Manager dan ITIL v3 Expert. Sedangkan perusahaan yang sudah mempekerjakan pemegang sertifikasi ITIL saya rasa sudah banyak. Pemegang sertifikasi ITIL bekerja pada perusahaan-perusahaan swasta, bumn maupun pemerintahan. Sedangkan perusahaan yang pada awal melakukan recruitment sudah mensyaratkan harus memiliki sertifikasi ITIL lebih didominasi oleh perusahaan IT dan Outsourcing untuk Service Desk, walaupun beberapa perusahaan non IT juga sudah mulai ada yang mengikutinya.

      Demikian penjelasan saya, semoga dapat menjawab pertanyaan Bapak.

      Terima kasih

  15. Haris berkata:

    Dear Pak Dede,

    Saya pernah ikut training dan workshop ITIL Foundation V3, tapi gagal test. Nah pertanyaanya apakah saya bisa ikut test-nya saja di Itilindo?

    Haris

    • Dede Mulyana berkata:

      Hi Pak Haris,

      Maaf baru reply, untuk ikut test-nya saja anda bisa langsung daftar di Prometric Testing Center. Tempat saya saat ini tidak mengadakan khusus testing ITIL.

      Berikut beberapa tips untuk lolos ITIL v3 testing:
      1. Pertanyaan ITIL Foundation Exam umumnya mudah, dan relatif “straight forward” jadi apabila anda sudah tahu Proses, Fungsi, Goals, Objective seta Roles dan Responsibility dalam ITIL maka insya Allah anda sudah mendapatkan 50%
      2. Pelajari Bank Soal yang anda bisa dapatkan di Internet, sehingga anda bisa mengetahui pola soal dan jawaban yang diharapkan. Bisa menaikan tingkat kemungkinan lulus anda dari 50% menjadi 70%
      3. Tenang dalam menjawab pertanyaan menambah prosentase menjadi 80%

      Semoga anda lulus dalam test selanjutnya.

  16. Arief Rachmanto berkata:

    Kang Dede Mulyana…

    Saya tertarik dengan materi mengenai ITIL. Saya bekerja di perusahaan Air Charter. pada perusahaan saya proses ITnya tidak berjalan dengan baik dan semestinya. saya ingin ajukan training ITIL. Apakah Kang Dede Mulyana punya solusi mengenai training ini ?

    Terimakasih atas bantuannya

  17. Amir Hidayat berkata:

    pak dede bisa minta alamat emailnya dan nomor telponnya?

Tinggalkan komentar