Sertifikasi ITIL

Ketika kita mulai mempelajari sebuah framework, standard ataupun sebuah disiplin ilmu, kita seringkali bertanya akan kemana arah disiplin ilmu yang kita pelajari membawa kita dalam karir maupun spesialisasi kita.

Seperti halnya framewok, standard maupun disiplin ilmu lainnya seperti:

1. Cisco (CCNA, CCDP, CCNP, CCIE dst.)

2. Microsoft IT Professional (MCP, MCDST, MCSA, MCSE, dst.)

ITIL-pun memiliki skema sertifikasi seperti terlihat pada gambar dibawah ini

ITIL_Bridging_Scheme

Saat ini untuk mencapai ITIL Expert (sertifikasi tertinggi dalam ITIL versi 3 certification path) dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1. Bagi anda yang telah memiliki ITIL Service Manager (ITIL versi 2 Master), yang perlu dilakukan hanya mengikuti V3 Manager Bridge training serta mengikuti ujiannya maka anda bisa dapat langsung mendapat sertifikasi ITIL Expert (ITIL versi 3)

2. Bagi anda yang memulai dengan ITIL versi 3 Foundation maka path untuk mendapatkan Sertifikat ITIL Expert berbeda.Untuk mencapai ITIL Expert, anda harus mendapat 22 kredit. Kredit tersebut bisa didapat dari:

  • 2 kredit dari Sertifikat ITIL Foundation ( bisa didapat dari ITIL v2 Foundation (1.5 kredit) + ITIL v3 Foundation Bridge (0.5 kredit) atau ITIL v3 Fondation (2 kredit) )
  • Minimal 15 kredit dari Sertifikat untuk ITIL v3 Internediate course dan ujian (subyeknya bisa memilih apakah mau lifecycle module atau capability modul, atau bisa dikombinasikan)
  • 5 kredit dari sertifikat Managing Across Lifecycle course dan ujian

Setelah anda mendapatkan 22 kredit, maka anda akan mendapatkan sertifikat sebagai ITIL Expert.

Berhubung kredit yang harus dikumpulkan untuk mendapatkan sertifikasi ITIL Expert cukup panjang dan banyak, maka dalam mengambil sertifikasi tersebut dikenal dengan istilah Fast Track. Fast Track yang dimaksud adalah dengan menggunakan cara pertama, yaitu mengambil ITIL v2 Service Manager kemudian dilanjutkan dengan v3 Manager Bridge. Namun demikian tingkat kesulitannya dalam mengambil ITIL v2 Service Manager lebih tinggi karena soal-soal yang diberikan bersifat Essai (Pembahasan mengenai ujian untuk mengambil ITIL v2 Service Manager dibahas dalam artikel terpisah)

Pos ini dipublikasikan di ITIL Umum. Tandai permalink.

46 Balasan ke Sertifikasi ITIL

  1. brian kamajaya berkata:

    Permisi, mau nanya. Kalo kita lagi dasar banget, baru tau tentang ITIL, belajarnya mulai dari mana? trus kalo di Indonesia ini di mana bisa ikut course ataupun sertifikasi ITIL? makasih

    • Dede Mulyana berkata:

      Hi Brian,

      Terima kasih telah mengunjungi Blog ini.

      Untuk anda yang baru mau mempelajari ITIL, disarankan untuk mengikuti training di lembaga training yang memberikan materi dan simulasi sekaligus. Ada beberapa training provider yang bisa anda coba hubungi, diantaranya adalah: Metrodata dan HP Indonesia. Sementara untuk sertifikasi ITIL Foundation sendiri bisa ditanyakan di setiap training provider yang menyelenggarakan ujian Prometric, apakah mereka bisa menyelenggarakan test untuk sertifikasi ITIL Foundation atau tidak.

      Sebagai supplementary training sendiri, anda bisa membaca bukunya dan case study implementasi ITIL diberbagai perusahaan, biasanya instruktur mempunyai bahan-bahan tersebut termasuk contoh-contoh soal untuk ujian. Selain itu akan sangat membantu apabila anda mempunyai akses terhadap aplikasi atau sistem yang mengotomasi proses dan fungsi dalam ITIL.

      Semoga membantu

  2. orie berkata:

    dear,
    saya sudah mengikuti training ITIL v3 Fondation dan mendapat sertifikat dari EXIN. menurut trainner saya, untuk memperdalam ITIL kami bisa mengikuti trainning lanjutan yang exam nya tidak ada di indonesia. apakah benar begitu?
    mohon penjelasannya

    terimakasih,

  3. Dede Mulyana berkata:

    Dear Orie,

    Sesuai dengan ITIL Personal Certification Path yang saya ulas dalam artikel ini tahap selanjutnya adalah mengambil sertifikasi Practitioner. Namun memang sampai saat ini belum ada yang menyelenggarakan ITIL Practitioner program di Indonesia, walaupun sebenarnya beberapa training center memiliki program untuk ini, namun sifatnya adalah on-demand.

    Hal-hal yang menyebabkan belum terdapatnya program ini adalah kandidat harus mengikuti training untuk practitioner level, baik itu Lifecycle Module maupun Capability Module, yang diselenggarakan oleh Accredited Training Organization (ATO). Sementara di Indonesia belum terdapat ATO. Walaupun beberapa lembaga training merupakan partner dari ATO. Oleh karena itu training dan sertifikasi untuk level pratitioner yang diselenggarakan oleh lembaga training di Indonesia sampai saat ini adalah on-demand.

    Saya sendiri sedang berusaha agar training practitioner level dapat diselenggarakan di Indonesia, jadi tunggu saja kabarnya Mas Orie.

    Semoga dapat menjelaskan

  4. handoko berkata:

    Dear Pak Dede,
    Saat ini,
    Selain HP dan Metrodata,
    Apakah ada lembaga training ITIL lainnya?

    Dan manakah yang Bapak recommend,
    untuk lembaga training tersebut?

    Thanks sebelumnya

    Salam,
    Handoko

  5. Dede Mulyana berkata:

    Mas Handoko,

    Ada beberapa hal sebenarnya yang perlu diperhatikan dalam memilih lembaga training untuk ITIL, yaitu:
    1. Trainer yang memberikan traning apakah sudah memiliki sertifikat yang cukup atau belum, karena tingkat pemahamannya mungkin berbeda antara Foundation, Intermediate (practitioner) dan Expert
    2. Simulation Tools juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih training provider karena dengan dan tanpa tools dapat memberikan dampak terhadap pemahaman materi ITIL
    3. Materi dari Accredited Training Organization (ATO) atau training partnernya senantiasa terupdate dengan perkembangan terbaru dari hasil interpretasi Buku ITIL oleh para expert, sedangkan materi dari training provider diluar ATO atau partnernya biasanya dibuat in-house
    4. Experience dari trainer dalam implementasi ITIL sangat menentukan apakah materi yang disampaikan hanya theory-based atau dilengkapi dengan penjelasan studi kasus dan pengalaman implementasi trainernya

    Dari pertimbangan-pertimbangan yang bisa diambil maka selanjutnya tinggal anda cari, kira-kira training provider mana yang sesuai dengan budget tetapi memberikan value yang sesuai dengan harapan.

    Saya sengaja tidak menyebutkan nama training provider yang menyediakan jasa training tersebut untuk menjaga netralitas dari Blog ini. Tetapi apabila memang ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan kirim email.

    Demikian penjelasannya, semoga membantu 🙂

  6. Ilyas Syukria berkata:

    Pak Dede,
    Perkenalkan nama saya Ilyas Syukria, bekerja di unit Course Development pada sebuah BUMN. Saat ini saya sedang membuat dan melaksanakan program training untuk bidang ITIL. Untuk ITIL V3 Foundation sudah kami laksanakan beberapa batch (sampai sertifikasi) yg bekerja sama dgn training provider.
    Selanjutnya kami search beberapa referensi dan membaca tulisan pak Dede, kami agak bingung training apa selanjutnya setelah ITIL V3 Foundation.
    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Apakah sama Intermediate Course (Lifecycle Modules dan Capability Modules) dengan ITIL Practicioner ?
    2. Jika berbeda, mana yang harus diikuti lebih dahulu ?
    3. Untuk ITIL Practicioner, apakah pelaksanaan trainingnya terpisah-pisah permodul atau per area (Release & Control; Support & Restore;Agree&Define).
    4. Apakah benar training dan sertifikasi untuk ITIL Practicioner belum bisa dilaksanakan di Indonesia (negara mana saja)?, kalau ada mohon informasi training provider mana yg bisa kami hubungi.

    Sekian dari saya dan terima kasih atas penjelasannya.

    Salam ;
    Ilyas S

    • Dede Mulyana berkata:

      Pak Ilyas,

      Sebelumnya terima kasih telah mampir di Blog ini.

      Saya akan menjawab pertanyaan yang Bapak ajukan:

      1. Intermediate Course dan ITIL Practitioner levelnya sebetulnya sama, cuma kedua istilah tersebut merupakan sebutan bagi training setelah Foundation pada versi yang berbeda. ITIL Practitioner pada versi 2 dan ITIL Intermediate Course pada ITIL versi 3.

      2. Saat ini ITIL versi 2 sudah akan ditarik dari peredaran, oleh karena itu trainingnya pun demikian. Seperti pada artikel saya yang berjudul “Penarikan ITIL version 2 dari peredaran (retirement)” disebutkan bahwa kesempatan mengambil ITIL versi 2 Practitioner sampai 31 Desember 2010, artinya sejak 1 Januari 2011 kita tidak bisa lagi mengambil sertifikasi tersebut. Bahkan dibeberapa Accredited Training Organization (ATO) ITILv2 Practitioner course sudah tidak lagi ditawarkan.

      Sehingga kalau melihat bahwa perusahaan bapak telah melaksanakan training dan sertifikasi ITIL versi 3, sebaiknya mengambil intermediate course untuk versi 3 (Lifecylce Modules dan/atau Capability Modules).

      3. Karena rekomendasi saya mengambil ITIL v3 Intermediate Course, maka jawabannya adalah memang trainingnya dipisah-pisah, umumnya dilakukan dalam 5 hari untuk setip modul atau course. Karena pembahasannya detail (bukan foundation) maka dipisah. Kecuali ada permintaan dari peserta, in-house misalnya, maka pelaksanaanya bisa sekaligus, tetapi tetap masing-masing modul dilaksanakan paling tidak 3 hari. Biasanya hari kelima diberikan test, dimana testnya meliputi:
      – 9 pertanyaan
      – Closed Book pastinya 🙂
      – Multiple Choice
      – Gradient Score (setiap pilihan memiliki score yang berbeda, jadi tidak ada jawaban salah, yang ada jawaban dengan nilai 0)

      4. Untuk mengambil sertifikasi level intermediate, memang harus mengikuti trainingnya dulu yang dilaksakan oleh ATO yang ditunjuk. Di Indonesia sampai sepengetahuan saya belum pernah dilakukan, tapi ada beberapa training provider yang merupakan partner dari ATO. Untuk menjaga netralitas dari Blog ini, apabila ingin mengetahui mengenai Training Provider di Indonesia yang merupakan Partner ATO, silahkan menghubungi email saya.

      Demikian penjelasan dari saya, semoga membantu.

      Terima kasih

  7. ita berkata:

    Siang Pak Dede

    Sama seperti Pak Handoko…
    Boleh saya minta tolong bapak kirimkan juga ke email saya rekomendasi lembaga-lembaga baik yang memberikan training maupun sertifikasi ITIL ???

    Terima kasih sebelumnya 🙂
    Ita

    • amal berkata:

      Dear Pak Dede,

      sama seperti pak handoko dan bu ita, boleh saya minta tolong bapak kirimkan ke email saya mengenai rekomendasi lembaga2 yang memberikain training dan sertifikasi ITIL yang resmi….

      thanks,
      Amal

  8. jordansparta berkata:

    Siang pa Dede,

    mohon dibantu pertanyaan dibawah ini:
    1. kalau saya milhat alur di diatas, berarti untuk di ITIL V3 tidak ada yang namanya ITIL Practitioner V3, jadi ITIL Practitioner hanya ada V2 saja, apakah benar?

    2. berapa banyak ITIL Practitioner v2 (certified) di indonesia? dan bagaimana menghubunginya.

    terima kasih
    salam
    Jordan S

    • Dede Mulyana berkata:

      Pak Jordan,

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami, mohon maaf responsenya baru sekarang Pak karena ada kesibukan project dan mengajar.

      Saya coba menjawab pertanyaan bapak.
      1. Untuk ITIL v3 disebuatnya sebagai ITIL Intermediate/ITIL Manager untuk spesifik area. Sehingga tidak disebut lagi sebagai ITIL Practitioner, namun hal tersebut hanya penyebutan saja, karena levelnya sebenarnya sama

      2. OGC sendiri tidak melakukan tracking terhadap Certified ITIL untuk semua level, yang melakukan tracking adalah lembaga sertifikasi yang mereka akreditasi, seperti: EXIT, APMG, LOYALIST dll. Namun setahu saya ada beberapa teman dan client saya (tidak lebih dari 10) yang sudah mengambil ITIL v2 Practitioner.

      Demikian jawaban saya

      Semoga membantu

  9. anton berkata:

    Dear Pak Dede,
    mohon bantuan rekomendasi lembaga trainernya dan mohon kirimkan ke alamat email saya, saya ingin mengambil training dan sertifikasinya mulai dari foundation.

    thanks
    salam
    Anton

  10. Haristh Permakay berkata:

    Dear Pak Dede,

    Sama seperti email Pak Anton diatas. Mohon sekiranya agar dapat memberikan informasi mengenai lembaga mana saja yg memberikan pelatihan/training dan sertifikasi ITIL v.3 Foundation ke email saya. Terima kasih sebelumnya.

    Wassalam,
    Haristh

  11. dheellah berkata:

    Malam Pak dede

    Saya mau menanyakan untuk mendapatkan sertifikasi ITIL V2 dan MSCE butuh berapa tahun yaa???

  12. Dipa berkata:

    Dear Pak Dede,

    Mohon bantuannya untuk share lembaga trainer dan mohon kirimkan ke alamat email saya, saya tertarik untuk mengambil training dan sertifikasinya ITIL

    thanks

    • Dede Mulyana berkata:

      Dear Pak Dipa,

      kebetulan kami akan menyelenggarakan Training ITIL versi 3 pada 6 – 8 Juli 2011. Mudah-mudahan Bapak bisa ikut serta dalam training tersebut, silahkan telpon Contact Person kami: Ibu Lusie Puspitarini atau email: lusie.puspitarini@equine.co.id

      Untuk sertifikasi ITIL v3 Foundation, bapak bisa ikuti melalui ujian on-line Prometric, bisa ditanyakan ke Training Provider yang memiliki kerjasama dengan Prometric.

      Terima kasih, semoga membantu

  13. Ping balik: ITIL versi 3 – Edisi 2011 akan dirilis 29 Juli « Blog Information Technology Infrastructure Library Indonesia

  14. Riva Hukom berkata:

    Dear Pak Dede
    Maaf pak,saya baru mengetahui sertifikasi ITIL ini sehingga ingin mengetahui beberapa hal agar dapat mengupgrade sertifikasi yang saya miliki. Adapun yang ingin saya tanyakan adalah seperti:
    1. Kalau yang baru seperti saya, apakah harus dari V1 ITIL Practitioner program/langsung ITIL Practitioner program yang baru ini?
    2. Lembaga mana yang menyelenggarakannya? Bila bapak menjaga netralisasi di blog ini,bisa kirim ke email saya? biar saya bisa mengetahui segera berhubung saya bekerja di bidang IT selama ini
    3. Apakah ITIL Practitioner program ini memiliki double sertifikasi dengan sertifikasi internasional?
    4. Apakah ITIL Practitioner program ini juga mempelajari mengenai 3 jenis international of documentation project dalam dunia IT yang ada?

    Demikian yang ingin saya tanyakan ke bapak dan terima kasih atas perhatiannya.

  15. Dede Mulyana berkata:

    Pak Riva,

    Sebelumnya terimakasih telah mampir di Blog kami, maaf karena kesibukan baru bisa saya jawab.

    1. Sesuai versi Pak, bapak bisa langsung ambil sertifikasi ITIL versi 3 Foundation, sekarang ada yang menyebut juga ITIL Foundation 2011. Tetapi memang harus dari Foundation dulu tidak bisa langsung Practitioner atau Intermedieate Level

    2. Saya akan kirim via email

    3. ITIL Foundation, ITIL Practitioner dan ITIL Expert adalah sertifikasi International, jadi baik di Indonesia dan dibelahan duania manapun akan diakui

    4. ITIL tidak membahas mengenai Project Management dan Dokumentasi terkait, tetapi membahas mengenai bagaimana mengelola service dari mulai inisiasi sampai dengan retirement. Project Management sendiri, termasuk dokumentasi dibahas lebih komprehensif pada framework Project Management Book of Knowledge (PMBOK) dan Prince2.

    Demikian jawaban saya, semoga membantu.

    Terima kasih

  16. Dede Mulyana berkata:

    Pak Riva,

    Sebelumnya terimakasih telah mampir di Blog kami, maaf karena kesibukan baru bisa saya jawab.

    1. Sesuai versi Pak, bapak bisa langsung ambil sertifikasi ITIL versi 3 Foundation, sekarang ada yang menyebut juga ITIL Foundation 2011. Tetapi memang harus dari Foundation dulu tidak bisa langsung Practitioner atau Intermedieate Level

    2. Saya akan kirim via email

    3. ITIL Foundation, ITIL Practitioner dan ITIL Expert adalah sertifikasi International, jadi baik di Indonesia dan dibelahan dunia manapun akan diakui

    4. ITIL tidak membahas mengenai Project Management dan Dokumentasi terkait, tetapi membahas mengenai bagaimana mengelola service dari mulai inisiasi sampai dengan retirement. Project Management sendiri, termasuk dokumentasi dibahas lebih komprehensif pada framework Project Management Book of Knowledge (PMBOK) dan Prince2.

    Demikian jawaban saya, semoga membantu.

    Terima kasih

  17. Andri berkata:

    Dear Pak Dede,

    Salut atas blog ITIL Indonesia nya Pak! Pemaparan track dari sertifikasi nya pun sangat jelas.

    1. Saya berencana ingin meneruskan ke ITIL v3 Intermediate (Service Operation), apakah pak Dede mungkin bisa bantu saya dalam mendapatkan daftar dari ATO/partner nya pak?

    2. Apakah sertifikasi ini bisa diambil tanpa mengikuti “training” nya? Kalau iya, buku apakah yang dapat bapak rekomendasikan?

    Sebelumnya saya haturkan terima kasih banyak Pak Dede.

    Salam,

  18. raiif berkata:

    Dear Mr. Dede,

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas blog bapak ini yang sangat membantu saya dalam memehami lebih jauh mengenai ITIL.

    Untuk pertanyaan saya singkat saja, Apakah di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang mengimplementasikan ITIL dalam core bisnisnya?

    Dan bila bapak berkenan apakah saya juga bisa meminta rekomendasi bapak mengenai instansi yang memberikan sertifikasi ITIL beserta fee dari masing2 instansi tsb.

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak pak.

    Sincerely.

    • Dede Mulyana berkata:

      Dear Raiif,

      Terima kasih telah mampir di Blog kami.

      Untuk menjawab pertanyaan bapak, saat ini sudah banyak organisasi yang menerapkan ITIL, dari mulai Goverment, BUMN maupun Swasta. Bahkan beberapa diantara organisasi-organisasi tersebut sudah mendapatkan sertifikasi ISO 20000 yang merupakan standard untuk penerapan IT Service Management.

      Mengenai institusi yang menyelenggarakan sertifikasi ITIL, anda bisa tanya ke setiap Training Provider yang punya kerjasama dengan Prometric. Biasanya biaya untuk sertifikasi tidak terlalu jauh bedanya antara satu institusi dengan institusi lainnya.

      Untuk menjaga netralitas dari Blog ini, saya akan kirimkan email daftar beberapa training provider yang menyelenggarakan ujian sertifikasi ITIL.

      Semoga membantu

      Terima kasih

  19. wahyu berkata:

    Dear Pak Dede,

    saya minta tolong, bapak kirimkan ke email saya mengenai rekomendasi lembaga2 yang memberikain training dan sertifikasi ITIL yang resmi….

    Thanks

  20. Raya Sirait berkata:

    Halo Pak Dede.

    Mohon informasi mengenai lembaga di Indonesia yg menyelenggarakan training & sertifikasi ITIL v3 baik untuk level foundation, intermediate maupun expert.

    Terima kasih.

  21. Amory Siura berkata:

    Pak Dede.

    saya tertarik untuk pemahaman lebih lanjut tentang ITIL sendiri, apakah ada lembaga training & sertifikasi ITIL v3 yang bisa direkomendasi pak?

    • Dede Mulyana berkata:

      Hi Amory,

      Terima kasih sebelumnya telah mampir di Blog kami.

      Dalam waktu dekan ini, kami bersama dengan partner kami akan menyelenggarakan training ITIL, kemungkinan tanggal 30, 31 Mei dan 1 Juni 2012. Sementara untuk sertifikasi bisa dilakukan di Prometric manapun, karena ujiannya adalah on-line.

      Demikian penjelasan saya, semoga membantu.

      Terima kasih

      • Amory Siura berkata:

        Pak Dede,

        bisa diminta informasi lanjutannya? dari sisi lokasi dan administrasinya untuk kemungkinan training 30 Mei 2012 – 1 Juni 2012 ini?

        Terima kasih.

  22. Dede Mulyana berkata:

    Hi Amory,

    Kebetulan jadwalnya diubah menjadi tanggal 20 – 22 Juni 2012. Lokasinya saat ini masih di Hotel Grand Sahid – Jakarta. Silahkan cek artikel saya untuk penyelenggaraan training & workshop ITIL 2011

    Terima kasih

    Regards,
    Dede Mulyana

    • Candra berkata:

      Dear Pak Dede

      mohon dikirimkan ATO list ke email saya…kemudian training & workshop ITIL 20 – 22 Juni 2012 bagaimana cara & biaya registrasi nya

      K Rgdrs
      Candra

      • Dede Mulyana berkata:

        Pagi Pak Chandra,

        Maaf baru sempat reply komentar di Blog. Saya sudah kirim cara registrasinya, kebetulan masih ada 1 seat yang available untuk training tersebut.

        Terima kasih

        Regards,
        Dede Mulyana

  23. Ryan berkata:

    Dear P’Dede,

    Untuk saya yang belum mengetahui tentang ITIL maka buku apa yang bapa rekomendasikan agar saya bisa memahami basicnya. Saya ingin belajar apalagi yang terkait dengan Service Delivery. Mohon info dan terima kasih sebelumnya.

    • Dede Mulyana berkata:

      Dear Pak Ryan,

      Sebaiknya memang mempelajari ITIL mulai dari pengenalan ITIL terlebih dahulu, yaitu melalui buku dari OGC – Intoduction to ITIL.

      Namun umumnya orang lebih cepat memahami apabila mempelajarinya sesuai dengan bidang yang sedang digeluti, misalnya orang yang memiliki peran dalam organisasi bisa lebih cepat memahami apabila mempelajari Buku Service Strategy, lain halnya dengan orang yang bertanggung jawab terhadap Service Desk/Helpdes lebih baik mulai dari Service Operation.

      Sekarang tinggal anda menentukan apakah akan mulai mempelajari dari yang paling berhubungan dengan pekerjaaan anda, atau pemahaman ITIL secara keseluruhan namun hanya introduction.

      Demikian penjelasan saya semoga bisa membantu.

      Cheers

  24. Hendy IM berkata:

    Dear pak Dede,
    Saya ingin bertanya sama seperti pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, bila diperbolehkan saya ingin tahu lembaga mana saja yang mengadakan pelatihan dan sertifikasi ITIL (yang diakui internasional), dan bilamana ada harganya boleh dilampirkan, kemudian saya yang sama sekali belum pernah mengetahui tentang pelatihan ini, apakah saya harus mengikuti dari tahap dasar atau basic, seperti yang saya lakukan pada pelatihan dan sertifikasi Mikrotik Network ? Mohon dikirim ke e-mail saya pak. Terima kasih.

    • Dede Mulyana berkata:

      Dear Pak Hendy,

      Sebetulnya yang mensyaratkan mengikuti training sebelum sertifikasi hanya ITIL Intermediate dan ITIL Expert, sedangkan ITIL Foundation tidak harus mengikuti training dan dapat langsung mengambil Exam.

      Lembaga yang bapak maksud mungkin Accredited Training Organization yang telah diakreditasi oleh OGC sebagai lembaga training yang authorized. Lembaga-lembaga tersebut di Indonesia belum banyak, bahkan setahu saya tidak ada, yang ada adalah afiliasinya. Misalnya PT. Mitratex Konsultan merupakan Afiliasi dari the-Art-of-Service dalam penyenggaraan ITIL Training. Dalam hal ini the-Art-of-Service merupakan salah satu ATO. Lembaga ATO lainnya setahu saya adalah Pink Elephant, BMC Software, HP dll.

      Sementara untuk sertifikasi sendiri memang diharuskan dimulai dari tahap Foundation, kemudian dilanjutkan mengambil beberapa sertifikasi Intermediate dan setelah itu Expert.

      Demikian penjelasan saya terkait training, semoga menjawab pertanyaan anda.

      Terima kasih

  25. Ryan berkata:

    Dear P’Dede,

    Saya coba propose ke atasan saya dan bermaksud untuk mengikuti training ini. Infonya apakah ada trainer yg bisa inhouse training dikantor kami? Sekiranya bisa mohon agar dapat diinfokan mengenai biayanya dan training tersebut memerlukan waktu berapa lama? Saya tunggu kabar baiknya pa.

    Terima kasih

  26. Frans berkata:

    Dear Pak Dede,
    saya masih baru dan mau mengikuti ITIL Training ini utk ITIL Foundation, sama seperti diatas mohon dikirimkan tempat tarining yang direkomendasikan dan harganya,

    Terima kasih

  27. Hermawan berkata:

    Dear Pak Dede

    Nice blog pak..
    Seperti komen di atas..
    Kalo tidak keberatan mohon bisa dikirimkan list provider yg menyelenggarakan ITIL 2011 training & Exam, krn saya ingin mencoba iku training & mengambil sertifikatnya..
    Kalau ada yg ada biayanya juga,,,
    Demikian
    Terima kasih

  28. Roy Pisela berkata:

    Pak Dede,
    Saya berminat untuk kursus ITIL V3 sekitar periode awal oktober 2013.apakah bisa di bantu untuk info kursus yang baik dan juga bisa mempersiapkan untuk ikut exam.
    Terima kasih.

  29. ulimhd berkata:

    Pak Dede,

    Saya tertarik untuk mempelajari tentang ITIL V3 ini. Bisakah saya mendapatkan silabus, jadwal, dan harga training yang bapak tawarkan?

    Terima kasih.

  30. Astuti berkata:

    Pak Dede,
    boleh minta rekomendasi lembaga2 yang memberikain training dan sertifikasi ITILv3 di Jakarta? Khususnya untuk ITIL Intermediate.

    Terima kasih.

  31. Leon berkata:

    Dibutuhkan Segera Tenaga kerja yg memiliki sertifikasi
    – ITIL Version 3.
    – Remedy Version 7
    Untuk sebagai tenaga Consultan / Staf Ahli
    Info lebih lanjut bisa Hub ke Kantor kami atau Email Kami.
    leonard.ondiephrain@valdo.co.id.

  32. Kemala berkata:

    Salam kenal, Pak Dede..
    Boleh tau provider training center yang sekaligus menyelenggarakan ujian ITIL Foundation apa saja?
    Terima kasih banyak sebelumnya.

Tinggalkan komentar