ITIL v2 to ITIL v3

ITIL telah mengalami evolusi seiring dengan perkembangan tata kelola layanan Teknologi Informasi. Saat ini versi terakhir dari ITIL adalah versi 3. Dalam versi ini, proses-proses IT Service Management dalam versi 2 dikelompokan menjadi Service Support dan Service Delivery, dibawa dan dipecah kedalam beberapa proses mengikuti struktur baru dari ITIL versi 3.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apabila sebuah organisasi telah melakukan implementasi ITIL versi 2 bagaimana dan seberapa besar usaha untuk implementasi versi 3? lalu apakah dengan sudut pandang ITIL yang berubah, dari orientasi proses ke orientasi layanan, proses-proses dan fungsi ITIL versi 2 yang telah diimplementasikan menjadi tidak digunakan lagi? . Organisasi yang telah mengimplementasikan ITIL versi 2 dan berkeinginan untuk upgrade ke ITIL versi 3, sama sekali tidak harus memulai dari awal (from scratch).

Perbedaan sudut pandang antara ITIL versi 2 dan ITIL versi 3 hanya merupakan sebuah reorganisasi dan restrukturisasi alur, dimana IT dan bisnis sudah tidak lagi memiliki pandangan yang berbeda yang harus dijembatani dan diselaraskan (alignment), tetapi diharapkan IT dan bisnis sudah diarahkan untuk melihat layanan sebagai ujung dari semua proses yang ada. Oleh karena itu, daur hidur layanan dari mulai definisi strategi, desain, transisi, operasional serta perbaikan yang dilakukan terus menerus dapat dilakukan secara bersama-sama serta dari sudut pandang yang sama antara bisnis dan IT. Sehingga, secara konseptual tidak diperlukan lagi suatu usaha untuk menselaraskan antar pandangan IT dan bisnis, karena memang seharusnya sudah selaras.

Untuk perusahaan yang sudah mengimplementasikan ITIL versi 2 dan berniat untuk melakukan implementasi ITIL versi 3, disarankan untuk membuat blueprint dan roadmap serta mengidentifikasi quick win dari seluruh proses dan fungsi yang terdapat dalam ITIL versi 3, untuk selanjutnya dilakukan pemetaan terhadap proses-proses ITIL versi 2 yang saat ini telah terimplementasi. Sehingga proses implementasi menjadi lebih terarah dan tidak membingungkan. Dalam ITIL versi 3 lebih banyak lagi proses dan fungsi yang terlibat dan apabila tidak disusun strategi implementasi serta tujuan yang jelas dari awal bisa jadi implementasi  tidak akan berhasil dilakukan.

Pos ini dipublikasikan di ITIL versi 3. Tandai permalink.

7 Balasan ke ITIL v2 to ITIL v3

  1. Egie Wendra berkata:

    Salam kenal kang Dede, saya Egie mahasiswa yang sedang penelitian tugas akhir, tema yang sy ambil mengenai ITIL, khususnya ITIL v2. Kebetulan sy newbie untuk urusan ITIL. Nah ada beberp pertanyaan yg cb ingin sy share-kan,
    1. Apa kelebihan metode ITIL dibandingkan dengan metode lainnya seperti COBIT, dst.
    2. Apakah ITIL v2 bs dibandingkan dgn ITIL v3? mksdnya adakah nilai lebih ITIL v2 dibanding ITIL v3?
    3. Apakah metode ITIL sampai menyinggung sisi pembangunan perangkat lunak?
    4. Terakhir, kr2 kang Dede punya saran buku apa yang bs direkomendasikan untk sy baca?

    Terima kasih atas perhatiannya, ditunggu ya kang jawabannya….

    • Dede Mulyana berkata:

      Salam kenal juga Egie,

      Sebelum saya menjawab pertanyaannya saya ingin menyampaikan bahwa ITIL merupakan sebuah framework yang sangat luas sekali penerapannya dalam dunia IT, sehingga banyak sekali yang bisa anda eksplorasi, baik untuk keperluan penelitian maupun penerapan/implementasi.

      Berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan anda:

      1. Apa kelebihan metode ITIL dibandingkan dengan metode lainnya seperti COBIT, dst.

      Jawaban: ITIL dan Framework lainnya sebetulnya saling melengkapi, karena sampai saat ini tidak ada satu framework pun yang membahas semua hal tentang IT dengan tuntas. Oleh karena itu, penggunaan framework tersebut sifatnya tergantung kebutuhan kita untuk lebih fokus dimana. Misalnya untuk menerapkan Project Management, mungkin anda lebih membutuhkan PMBOK atau PRINCE2 daripada ITIL, sedangkan untuk Security Management sepertinya ISMS berdasarkan ISO 27001 lebih cocok daripada ITIL.

      Hubungan lainnya antara ITIL dengan COBIT misalnya, dapat anda baca lebih lanjut di artikel kami yang lain.

      2. Apakah ITIL v2 bs dibandingkan dgn ITIL v3? mksdnya adakah nilai lebih ITIL v2 dibanding ITIL v3?

      Jawaban: ITIL v2 menurut sebagian orang memang lebih Proven, tapi sebetulnya kalau kita melihat esensi dari kedua versi ITIL ini lebih kepada improvement. Artinya adalah, ITIL v2 merupakan best practice, sedangkan best practice adalah sesuatu yang tidak abadi, melainkan sifatnya sementara, karena sebuah best practice suatu saat akan digantikan oleh best practice lainnya, begitu juga dengan ITIL.

      Alasan kenapa dibuatnya ITIL v3 merupakan simbol dari lahirnya paradigma baru dalam dunia IT dan juga bagaimana bisnis memandang IT. Dimana saat ini IT tidak hanya terdiri dari proses-proses yang secara operasional dibutuhkan dalam mendukung kegiatan organisasi atau perusahaan (Process Oriented) melainkan IT merupakan sebuah komponen dalam organisasi yang memiliki nilai strategis, sehingga sangat dipandang perlu untuk membicarakan IT sebagai sebuah lifecycle dalam memberikan layanan.

      Lifecycle dalam IT menunjukan bahwa dalam pengelolaan layanannya, IT memerlukan sebuah strategi yang sesuai dan selaras dengan bisnis, disain layanan yang merepresentasikan kebutuhan bisnis dan pengguna, proses development dan deployment yang terkontrol, operasional yang efektif dan efisien serta adanya sebuah peningkatan kinerja secara berkesinambungan. Kelima hal tersebut tertuang dalam 5 CORE BOOKS ITIL v3.

      3. Apakah metode ITIL sampai menyinggung sisi pembangunan perangkat lunak?

      Jawaban: ITIL tidak secara detail menyinggung sisi pembangunan perangkat lunak, tetapi ITIL hanya mengatur mengenai tahapan-tahapan dalam membangun sebuah layanan serta mengontrol bagaimana tahapan-tahapan tersebut dilakukan untuk meminimalisasi resiko serta dampaknya terhadap bisnis.

      4. Terakhir, kr2 kang Dede punya saran buku apa yang bs direkomendasikan untk sy baca?

      Jawaban: Selain anda bisa baca buku ITIL v2 (keluaran OGC) anda juga bisa membaca artikel-artikel di Internet mengenai ITIL. Saya memiliki beberapa bacaan mengenai ITIL untuk pemula, dari sana mungkin anda bisa memahami konsep dasar ITIL, setelah itu anda bisa mempelajari ITIL melalui bahan-bahan lain yang lebih advance.

      Semoga penjelasan saya dapat menjawab pertanyaan anda dan GOOD LUCK untuk tugas akhirnya

  2. Egie Wendra berkata:

    Terima Kasih atas jawabanny kang, btw sy bs minta bacaan yang kang Dede maksud, bs dikirim ke email kang?
    Oh ya kang, satu lagi mungkin, menurut kang Dede tidak menjadi mslhkah sy mengambil ITIL v2 utuk tugas akhir saya, mengingat ITIL v2 mau ditarik dr peredaran?

  3. Ping balik: 01 – ITIL & Pengelolaan Layanan IT | Information Technology Infrastructure Library – Indonesia

  4. Ping balik: ITIL & Pengelolaan Layanan IT | Mitratex Consulting

  5. Aenii berkata:

    selamat siang pak dede … saya sangat tertarik sekli dg blog bapak yang ini, isi dan penjelasan cukup mudah dipahami untuk saya yg awam sekali tentang ilmu ITIL. sebelumnya mohon maaf, bolehkah saya dikirimkan referensi atau panduan buku tentang ITIL v.3, karena saat ini saya sedang thesis mengambil Insiden manajemen pd layanan akademik di Universitas temapt saya bekerja, saya masih belum begitu memahami tentang materi tsb. semoga bapak berkenan membantu saya. terimakasi. email saya: ayjuweriah@gmail.com

  6. Ping balik: ITIL & Pengelolaan Layanan IT - Assessment Center

Tinggalkan komentar