Menyelaraskan CobiT dan ITIL Versi 3

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa CobiT sebagai navigator dalam arah pengembangan tata kelola IT dalam organisasi, sementara ITIL sebagai kendaraan untuk mencapai tujuan pengembangan tersebut.

Ada organisasi yang melakukan IT Audit terlebih dahulu kemudian baru mengenal konsep ITIL. Ada organisasi yang melakukan implementasi ITIL lalu melakukan audit terhadap tata kelola IT-nya dengan standar CobiT. Namun ada pula yang telah memahami keduanya terlebih dahulu dan mencantumkannya dalam IT strategic plan organisasinya.

Memahami kebutuhan akan penyelarasan antara CobiT dan ITIL, IT Governance Institute (ITGI) dan Office of Government Commerce (OGC) melakukan joint research (riset bersama). Salah satu hasil dari riset ini adalah pemetaan antara setiap Control Objective dalam CobiT 4.1 dengan topik bahasan dalam ITIL versi 3.

Sebagai contoh, Control Objective DS1 “Service Level Management framework” berhubungan dengan ITIL versi 3 pada topik bahasan:

  • SS 2.6 Functions and processes across the life cycle
  • SS 4.3 Develop strategic assets
  • SS 4.4 Prepare for execution
  • SS 7.2 Strategy and design
  • SS 7.3 Strategy and transitions
  • SS 7.5 Strategy and improvement
  • SD 4.2.5.1 Designing SLA frameworks
  • SD 4.2.5.9 Develop contracts and relationships

Memang tidak semua Control Objective pada CobiT 4.1 terpetakan seluruhnya pada ITIL versi 3. Hal ini mengingat cakupan CobiT sebagai standar IT Audit Framework lebih luas dari inti pembahasan ITIL sebagai IT Service Management Framework. CobiT juga harus mencakup prinsip-prinsip security (standar ISO17799 / ISO27000) dan quality assurance (standar ISO9000).

Tentang Arief Saputra

Arief adalah praktisi di bidang IT Management yang telah berinteraksi di dunia IT selama 8 tahun. Saat ini Arief aktif sebagai konsultan IT Service Management, Information System Audit, dan Disaster Recovery.
Pos ini dipublikasikan di ITIL Umum, ITIL versi 3 dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Menyelaraskan CobiT dan ITIL Versi 3

  1. Rere berkata:

    selamat siang pak,
    terimakasih artikel2 bapak sangat menarik dan sangat membantu skali..
    saya mau tanya nih pak,
    saya skarang sedang membuat tugas akhir tentang audit, dengan melakukan IT Audit menggunakan COBIT 4.1 terlebih dahulu kemudian baru menerapkan konsep ITIL dalam strategi perbaikan..
    tapi saya mash bingung pak, bagaimana cara menerapkan konsep ITIL dengan hasil audit yg saya lakukan dg COBIT 4.1 ?
    mohon bantuan pencerahan dan penjelasannya pak..
    terima kasih..

  2. Arief Saputra berkata:

    Selamat bergabung dalam dunia tata kelola layanan IT !

    Tepat sekali menggunakan ITIL sebagai salah satu panduan perbaikan/peningkatan dalam menindaklanjuti temuan audit/assessment COBIT pada area-area IT service management yang menjadi irisan antara COBIT dan ITIL.

    Sebagai contoh, apabila pada audit/cobit ditemukan bahwa pada organisasi IT belum terdapat penugasan yang jelas untuk peran, tanggung jawab, dan kewenangan dari fungsi service desk IT, maka ITIL service operation memiliki panduan lengkap bagaimana menyusun suatu fungsi service desk yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi. Apakah model centralized service desk ataukah local service desk, apa kriteria dan KPI yang pas untuk seorang service desk analyst/agent, service desk manager. Dan seterusnya.

    Demikian, semoga dapat menjawab.

Tinggalkan komentar